BUKA MULUT: KIAT MENGGUNAKAN GOOGLE (1)

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

July 04, 2006

KIAT MENGGUNAKAN GOOGLE (1)

Banyak orang yang telah merasakan pentingnya mesin pencari Google sebagai alat bantu mencari informasi di jagat maya. Mesin ini membantu kita menemukan latar belakang informasi dari subjek yang kita hadapi, mencari teks yang sejenis, mengecek ejaan dan lain-lain. Google seolah-olah menjadi kunci pembuka harta karun informasi. Namun demikian, mencari informasi secara efisien merupakan seni tersendiri.
 
Mudah-mudahan panduan ringkas ini membawa kita pada pencarian yang lebih efisien dengan menggali kiat-kiat khusus sehingga lebih banyak hal yang kita dapatkan dari pencarian yang kita lakukan.
 
BEBERAPA ATURAN DASAR
 
Google memiliki batas maksimal 10 kata. Jika Anda mengetikkan lebih dari 10 kata, maka kata yang ke 11 dan seterusnya akan diabaikan. Jika Anda membutuhkan lebih banyak kata, lebih baik gunakan tanda 'wildcard' (*) untuk menggantikan kata-kata yang umum (nanti akan dijelaskan lebih jauh), yang tidak akan dihitung oleh Google.
 
Pada dasarnya, jika Anda mengetikkan lebih dari satu kata, Google akan menganggap bahwa Anda ingin agar semua kata dimasukkan dalam hasil pencarian, seolah-olah Anda memasukkan kata 'DAN' diantara tiap kata.
 
Google tidak mengenal 'case sensitive'. Maksudnya, mencari kata 'translation agency', 'Translation Agency' atau 'TRANSLATION AGENCY' akan memunculkan hasil yang sama.
 
Google akan mengabaikan kata-kata yang umum seperti: 'a', 'the', 'and', 'of'. Jika Anda ingin memasukkan kata-kata tersebut ke dalam pencarian, tambahkan '+' di depannya (contoh: 'translators +in Belgium'). Untuk alasan yang sama, sisipkan '-' di depan kata yang ingin Anda abaikan (misal: translation -proofreading).
 
PERATURAN UMUM
 
Bermakna ATAU
 
Tanda |
Contoh: translator ATAU proofreader
translator | proofreader
Google akan mencari 'translator' atau 'proofreader'

Hanya frase/kata tertentu saja
 
Tanda ''
Contoh: 'Dutch translator'
Google hanya akan mencari frase: 'Dutch translator' saja

Wildcard
 
Tanda *
Contoh: freelance *
Google akan mencari kata freelance and dan kata lain yang mengikutinya, seperti 'freelance translator', 'freelance jobs', 'freelance work' dll.
 
Penggabungan
 
Tanda ( )
Fitur ini memungkinkan penggabungan kata-kata umum
Contoh: freelance (translator | proof-reader)
Google akan mencari 'freelance', 'translator', 'proof-reader translator', 'freelance translator' dan 'freelance proof-reader'.
 
Selanjutnya lihat di bagian 2


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home