BUKA MULUT: MARI BERANI MENULIS!!

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

February 21, 2006

MARI BERANI MENULIS!!

Jadi penulis itu katanya susah. Iya kali ya? Begitu banyak teori yang sering dijadikan semacam cemilan oleh mereka yang katanya sangat menguasai teknik penulisan. Ini yang justru kerap membuat para calon penulis jadi miris!

Namun di tengah hiruk pikuknya ucapan para 'pakar' yang amat sangat sarat teori, ternyata masih ada juga 'angin segar' yang membuat para penulis pemula tidak terlalu 'takut' untuk menulis. Mereka yang 'lain' ini mengatakan, kalau mau nulis, ya tulis saja apa yang ada di benak kita. Jangan belum apa-apa sudah takut duluan, karena nantinya malah nggak nulis-nulis.

Ada lagi yang berpendapat bahwa berani nulis itu harus! Tapi juga tidak boleh mengabaikan kualitas. Ketika keberanian menulis sudah dimiliki tapi kualitasnya nggak ada, maka jangan pernah berharap akan bisa menjadi penulis!

Wah, kadang-kadang, denger banyak pendapat seperti ini malah bingung.. Mana yang bener ya? Tapi persoalannya mungkin bukan siapa yang bener atau siapa yang salah. Persoalannya adalah bagaimana caranya agar di tengah miskinnya budaya menulis ini, kita tetap punya semangat, punya keberanian untuk menulis! Itu aja dulu yang penting. Karena tanpa keberanian seperti itu, mana mungkin akan lahir penulis-penulis baru yang bisa menjadi generasi pengganti dari penulis-penulis 'moyan'.

Tapi setelah ada keberanian untuk menulis, akan muncul lagi persoalan baru. Bagaimana dengan kualitas tulisan? Bagaimana kalau dikritik habis-habisan, bahkan sebelum sebuah karya sempat diterbitkan? Ini butuh keberanian berikutnya: keberanian untuk dikritik, dihina, bahkan dicaci maki.

Namun setelah melewati itu semua -mau tidak mau- akhirnya akan sampai juga ke titik ini: Berani saja tidak cukup! Betul, berani tanpa ditambah kemauan untuk belajar, akan membuat kita jalan di tempat. Semuanya harus berjalan sejajar: keberanian menulis dan semangat untuk menambah ilmu 'tulis menulis'.

Wah repot juga ya? Padahal enaknya sih, gak usah belajar tapi jago nulis! Enak aja, mana ada yang bisa kayak gitu? Ayo, ayo....belajar menulis!!


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home