BUKA MULUT: 10 Cara Melawan Blogger's Block

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

February 11, 2007

10 Cara Melawan Blogger's Block

Blogger's Block - konon - adalah gejala temporer berupa hilangnya kemampuan nge-blog, biasanya karena kehabisan ide, kreativitas atau pun motivasi.
 
Jika ini terjadi hanya dalam beberapa hari, tentu nggak usah terlalu khawatir karena siapa pun pasti pernah mengalaminya. Namun jika hal ini berkepanjangan dan berlarut-larut, kita patut khawatir karena beberapa alasan:
  1. Pembaca reguler kita akan kecewa karena tidak ada hal baru yang bisa dibaca di blog kita (anggap saja kita punya pembaca reguler :-) Gara-gara itu mereka bisa lari meninggalkan kita. Padahal semua juga tahu, mendapatkan pembaca tetap itu susahnya bukan main.
  2. Google yang selama ini melakukan indeks secara teratur, mungkin akan mengurangi frekuensinya ketika tidak ada materi baru di blog kita.
  3. Blog yang terlalu lama tidak di-update kurang begitu menarik bagi pengunjung yang datang 'terbawa arus' lewat mesin pencari, forum, dll. Anda kehilangan kesempatan untuk menjadikan pengunjung yang datang secara tidak sengaja ini, menjadi pembaca reguler.
Karenanya, kemandekan menulis ini bisa menjadi masalah serius bagi blog kita. Ada 10 cara untuk mencegah atau mengatasi blogger's block ini:
  1. Tinggalkan laptop/PC Anda untuk sementara dan cobalah menuliskan ide-ide Anda di kertas atau buku. Hasilnya bisa tetap di-posting kapan-kapan.
  2. Buka-buka kembali harta karun alias postingan-postingan lama. Baca-baca juga komentar di setiap postingan tersebut. Siapa tahu ini bisa menjadi motivasi untuk menulis sesuatu yang mungkin baru terpikirkan sekarang.
  3. Buang semua 'sampah' dan ikon-ikon yang tak terpakai di desktop Anda. Waktu menulis, gunakan penyunting kata sederhana di mana Anda hanya melihat teks saja, agar Anda lebih fokus dan tidak terpecah perhatian pada saat menulis.
  4. Cobalah untuk merubah suasana tempat Anda menulis. Mungkin dengan cara pindah ke ruangan lain, atau merubah posisi meja kerja Anda misalnya.
  5. Foto keluarga yang cantik dan tanaman atau bunga di meja kerja Anda mungkin saja bisa membantu Anda agar lebih mudah berkonsentrasi menulis.
  6. Buat jadwal ngeblog, seperti jadwal pelajaran ketika kita sekolah dulu. Memang agak lucu kedengarannya, tapi ini bisa menolong Anda untuk posting secara lebih teratur.
  7. Jika Anda menuliskan satu topik tapi tiba-tiba mandek di tengah jalan, simpan saja dulu sebagai draft, dan tulislah topik yang lain. Draft yang Anda simpan tadi bisa dilanjutkan nanti, begitu Anda mendapatkan ide untuk melanjutkannya.
  8. Kalau Anda biasa ngeblog di kamar yang sama dan kebetulan menggunakan laptop, cobalah untuk pindah ke tempat lain, bisa di teras, di taman belakang, atau mungkin di tempat jemuran sambil sesekali memandang bintang di langit :-)
  9. Jangan sampai melewatkan makan malam bersama keluarga hanya gara-gara merasa tertekan harus memenuhi target posting. Siapa tahu obrolan di meja makan malah justru menimbulkan ide-ide kreatif untuk bahan postingan Anda.
  10. Jika sembilan teknik tadi nggak mempan juga, mendingan mandi dan tidur. Jangan-jangan Anda memang kecapekan dan perlu istirahat. Toh masih ada hari esok dan hari-hari berikutnya untuk ngeblog. Just take it easy.
Tags:


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

2 Comments:

At 2/12/2007 03:15:00 am, Anonymous Imponk said...

topik yang aku butuhkan saat ini.
sangat bermanfaat!

 
At 2/12/2007 04:04:00 am, Anonymous tata said...

Aku juga belum coba semua Mas, terutama soal laptop dan taman belakang rumah :-)

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home