BUKA MULUT: Agatha Christie (1891 - 1976)

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

September 09, 2006

Agatha Christie (1891 - 1976)

Agatha Christie - BukaMulut
Agatha Christie lahir di Torquay, termasuk wilayah Devon, Inggris. Ayahnya meninggal ketika dia masih kecil, dan Christie belajar di rumah. Ibunya mengarahkan dia untuk menulis di usianya yang masih anak-anak. Pada usia 16 ia dikirim ke Paris untuk belajar nyanyi dan piano. Christie menjadi pianis yang handal namun sifat pemalu dan suka demam panggung menjadi penghambat baginya untuk berkarir di musik. Ketika ibunda Christie membawanya ke Kairo di musim dingin, ia memanfaatkan waktunya untuk menulis novel. Atas dorongan Eden Philpotts, tetangga dan sahabatnya di Torquay, ia mencurahkan waktunya untuk menulis hingga beberapa cerpennya diterbitkan.
 
Tahun 1914 Christie menikah dengan Archibald Christie, seorang perwira di Flying Royal Corps; dan dikaruniai seorang puteri, Rosalind, di tahun 1919. Selama Perang Dunia I Christie bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Torquay sebagai petugas apotik, yang memberinya pengetahuan tambahan mengenai racun. Hal ini sangat berguna baginya ketika ia mulai menulis cerita misteri. Novel pertama Christie, The Mysterious Affair at Styles, memperkenalkan tokoh Hercule Poirot, seorang detektif Belgia, yang muncul pada lebih dari 40 bukunya, dan terakhir muncul di buku Curtain (1975).
 
Poirot adalah tokoh yang ramah dan lucu dengan kepala berbentuk telur. Tokoh detektif rekaan Christie lainnya adalah Miss Marple, seorang nenek berstatus gadis yang sangat tergantung pada sensitivitas dan empati kewanitaannya dalam memecahkan kasus kejahatan. Ia lahir dan tinggal di kampung St. Mary Mead. Marple muncul dalam 17 novel, yang pertama berjudul Being Murder At The Vicarage (1930) dan yang terakhir adalah Sleeping Murder (1977). Konon karakter ini didasarkan pada figur sang nenek dari Agatha Christie sendiri.
 
Selama 56 tahun Christie telah menulis 66 novel detektif. Beberapa novel terbaiknya antara lain, The Murder of Roger Acroyd, Murder On The Orient Express (1934), Death On The Nile (1937) and Ten Little Indians (1939). Selain itu, Christie juga menulis otobiografi (1977), dan beberapa naskah drama, termasuk The Mousetrap, yang dimainkan secara terus menerus selama lebih dari 30 di London, dan telah ditampilkan sebanyak 8,862 kali di Ambassadors Theatre.
 
Pernikahan Christie berantakan di tahun 1926. Archie Christie, yang bekerja di kota, menyatakan bahwa dia telah jatuh cinta kepada seorang gadis yang lebih muda, Nancy Neele. Perceraiannya diputuskan di tahun 1928, dan dua tahun kemudian Christie menikah dengan  arkeolog Max Mallowan. Ia bertemu dengan lelaki ini dalam perjalanannya ke Timur Tengah di tahun 1927, dan menemani sang arkeolog dalam penggalian situs di Siria dan Irak. Belakangan, Christie menggunakan setting yang eksotik ini dalam novelnya Murder In Mesopotamia (1936) dan Death on the Nile (1937). Petualangan arkeologisnya dikisahkan dalam Come Tell Me How You Live (1946).
 
Mallowan yang seorang  Katolik dan empat belas tahun lebih muda dari Christie ini merupakan salah seorang arkeolog terkemuka di zamannya. Berbicara soal perkawinannya, Christie berkata dalam satu wawancara: "Arkeolog adalah suami terbaik bagi para wanita. Semakin tua sang istri, semakin besar ketertarikan sang suami kepadanya." Mallowan bekerja di Irak pada tahun 1950-an, namun kembali ke Inggris ketika kondisi kesehatan Christie semakin memburuk.
 
Periode paling produktif Christie dimulai pada penghujung 1920-an. Selama tahun 1930-an ia menerbitkan empat novel misteri non serial, empatbelas novel Poirot, dua novel Miss Marple, dua buku Superintendent Battle, satu buku cerita yang menampilkan Harley Quin dan buku lainnya yang menampilkan tokoh Mr. Parken Pyne, serta dua naskah drama asli. Tahun1936 ia menerbitkan buku pertama dari enam novel roman psikologi dengan menggunakan nama samaran Mary Westmacott.
 
Selama Perang Dunia II Christie bekerja di apotik University College Hospital di London. Setelah perang berakhir ia kembali menulis secara produktif, sekaligus memperoleh sukses di panggung pertunjukan dan layar perak. Witness for the Prosecution, sebagai contoh, terpilih menjadi drama asing terbaik di musim pertunjukan 1954-55 oleh New York Drama Critics Circle.
 
Drama tersebut dipentaskan di London pada bulan Oktober 1953 dan menjelang Desember 1954, dipentaskan di Broadway. Diantara sekian banyak kisah yang diadaptasi ke film adalah Murder on the Orient Express (1974), disutradarai oleh Sidney Lument, dengan Albert Finney berperan sebagai Poirot, serta Death on the Nile (1978), dengan Peter Ustinov sebagai Poirot.
 
Pada tahun 1967 Christie menjadi presiden British Detection Club, dan di tahun 1971 ia dianugerahi Dame of the British Empire. Christie meninggal tanggal 12 Januari 1976 di Wallingford, Oxfordshire. Dengan lebih dari 100 novel dan 103 terjemahan ke dalam berbagai bahasa asing , menjelang kematiannya Christie merupakan penulis novel Inggris terlaris sepanjang masa.
 
Naskah asli bahasa Inggris: http://christie.thefreelibrary.com
Terjemahan                    : Tata Danamihardja

Technocrati Tags: , ,


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

2 Comments:

At 9/09/2006 08:47:00 pm, Anonymous Riana said...

Makasih tulisannya ya... Saya clip di bloglines saya..

 
At 9/10/2006 03:28:00 am, Anonymous Tata said...

Hi Riana..Makasih juga ya...

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home