BUKA MULUT: Yang Milyar-Milyar Itu

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

November 17, 2006

Yang Milyar-Milyar Itu

Indonesia itu sesungguhnya kaya. Maksudnya? Lihat aja acara-acara quiz di berbagai stasiun TV. Hadiahnya luar biasa! Bahkan sekarang lagi trend quiz berhadiah milyaran rupiah. Darimana uangnya? Ya dari para pengiklan alias para sponsor. Dari mana para pengiklan dapet duit? Ya dari jualan. Siapa yang membeli dagangan mereka? Orang banyak alias masyarakat alias warga negara Republik Indonesia. Jadi? Orang Indonesia sebenarnya kaya-kaya, orang Indonesia tidak miskin!
 
Itu gambaran sepintas. Tapi benarkah demikian? Kalau kita nontonnya cuma acara quiz, ada kemungkinan kita akan sampai pada kesimpulan seperti itu. Dari menit ke menit yang diomongin cuma soal uang dan barang-barang mewah yang menggiurkan. Dan nggak perlu mikir. Cukup dandan yang norak, menebalkan muka, teriak-teriak, kesempatan untuk dapetin hadiah gede-gedean pun terbuka. Nggak perlu pake otak!
 
Tidak semua memang. Ada memang quiz yang menuntut pengetahuan umum yang luas dari pesertanya. Tapi itu bisa dihitung dengan jari. Kebanyakan, ya... yang nggak perlu pake otak itu. Namanya juga hiburan, mungkin begitu alasannya. Soal bagaimana 'mencerdaskan kehidupan bangsa', soal 'tidak menjual mimpi', soal 'menciptakan tayangan bermutu', itu semua kan tujuan ideal yang entah menjadi tugas siapa. Yang penting adalah bagaimana agar programnya laku, bagaimana biar terkesan 'wah', bagaimana agar mendapat rating tertinggi, dan yang terpenting: bagaimana agar mereka bisa dapet untung banyak dari situ.
 
Soal ngasih hadiah bermilyar-milyar itu memang hak mereka. Tapi ketika serbuan tayangan sejenis yang mengiming-imingi orang seakan-akan untuk mendapat uang milyaran rupiah semudah membalikkan telapak tangan dan nggak perlu pake otak, ini soal serius. Kesan yang diciptakan dan dipompakan secara terus menerus, secara perlahan-lahan bisa mengubah pola pikir seseorang. Dan menurut saya, efeknya kurang lebih sama dengan orang yang mengharapkan bisa kaya dari judi. Padahal, itu benar-benar MIMPI! Memang ada yang menang, tapi bukankah kesempatannya SANGAT KECIL?
 
Ada sebuah stasiun TV yang dengan bangga mengklaim tiga acara quiz-nya memberikan hadiah 1, 2 dan 3 milyar, sehingga total hadiahnya sebesar 6 milyar rupiah. Wah, kok jumlahnya sama dengan biaya penyambutan George Bush ya? Meski satu sama lain nggak ada hubungannya, menurut saya dua-duanya sama-sama 'melecehkan' orang kecil. Di saat banyak orang yang untuk makan teratur saja merasa kesulitan, mereka dengan gagahnya menghambur-hamburkan uang milyaran rupiah, seolah-olah itu cuma uang recehan.
 
Saya, yang sampai saat ini masih sering makan cuma pake kerupuk, tiba-tiba saja membayangkan bagaimana kalau uang sebanyak itu dipakai untuk beli kerupuk? Atau lebih tepatnya dipakai untuk mendirikan pabrik kerupuk? Hampir bisa dipastikan akan muncul puluhan atau bahkan ratusan pabrik kerupuk yang menyerap cukup banyak tenaga kerja yang saat ini menganggur. He..he.. Mimpi? Iya juga sih!
 


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home