BUKA MULUT: Kesalahan Berbahasa Media

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

September 05, 2009

Kesalahan Berbahasa Media

Media, apa pun formatnya, baik itu cetak mau pun elektronik, seringkali dijadikan acuan atau panutan, karena fungsinya sebagai sumber informasi. Akibatnya, jika media melakukan kesalahan, maka kesalahan itu akan dengan sangat cepat menyebar, baik di kalangan sesama media mau pun di masyarakat. Berikut ini beberapa kesalahan kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, karena sudah dianggap biasa.
 
1. Pengucapan kata pasca
 
Pengucapan yang benar adalah pasca (seperti mengucapkan kaca) dan bukan paska. Banyak yang menyangka bahwa kata pasca berasal dari bahasa Inggris, padahal kata pasca berasal dari bahasa Sanskerta, padanan dari kata post dalam bahasa Inggris, yang artinya setelah. Post-war diterjemahkan menjadi pasca-perang. Kesalahan pengucapan ini dilakukan oleh banyak kalangan: media (TV/radio), politisi, pejabat, artis dan orang biasa.
 
2. Pengucapan kata entertainment
 
Kata entertainment masih sangat sering dipergunakan di media, meskipun sebenarnya sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia, yakni hiburan. Yang menjadi persoalan adalah banyak sekali pemandu acara (host) yang mengucapkan entertaiment dan bukannya entertainment. Kesalahan kecil berupa hilangnya huruf N di tengah-tengah ini sangat terasa mengganggu di telinga kita.
 
3. Struktur kalimat yang kacau balau
 
Kesalahan seperti ini menyebar di media cetak maupun radio/televisi. Misalnya: Menurut Kapolri dalam konferensi pers kemarin menyatakan, teroris yang telah lama dicari berhasil ditangkap. Sepintas kalimat ini seperti tidak mengandung kesalahan. Tetapi coba kita amati, yang manakah subjek dari kalimat tadi? Jawabannya, tidak ada. Kalau saja kata menurut di awal kalimat dihilangkan, maka subjek kalimat tersebut adalah kapolri. Tapi gara-gara kata menurut di awal kalimat, maka struktur gramatikal kalimat ini menjadi kacau. Kalau ingin tetap menuliskan kata menurut di awal kalimat, maka kata menyatakan harus dihilangkan. Perhatikan kalimat yang sudah saya rubah di bawah ini.
 
Kapolri, dalam konferensi pers kemarin menyatakan, teroris yang telah lama dicari berhasil ditangkap.
 
atau
 
Menurut Kapolri dalam konferensi pers kemarin, teroris yang telah lama dicari berhasil ditangkap.
 
Kesalahan kecil, jika dibiarkan dan akhirnya menjadi kebiasaan, akan dianggap benar. Jadi, alangkah baiknya jika kita memperbaikinya sedini mungkin, sebelum kesalahan seperti ini berubah menjadi 'kebenaran'.


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home