BUKA MULUT: Mailing List

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

February 18, 2007

Mailing List

Mailing list alias milis adalah sebuah revolusi dalam komunikasi tertulis secara masal. Bayangkan, satu tulisan bisa dibaca ratusan bahkan ribuan orang pada saat yang bersamaan. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit dibayangkan, ketika kita masih berkutat dengan komunikasi surat menyurat konvensional. Silakan dihitung, berapa biaya yang dibutuhkan untuk:
  • Menggandakan tulisan kita, tarohlah dibikin 500 kopi misalnya
  • Membeli perangko untuk mengirimnya via pos sebanyak 500 buah
  • Membeli amplop untuk sampul
  • Upah melipat surat, memasukannya ke dalam amplop, mengelem, menempelkan perangko, dan membawanya ke kantor pos (kecuali kita punya tenaga ekstra untuk melakukan semua itu sendiri).
Sementara untuk mengirim 'surat' ke milis, luar biasa hemat. Kita hanya perlu menuliskannya dalam bentuk data, mengirimkannya via email (cuma butuh waktu beberapa detik), dan selesai! Tulisan kita bisa dibaca orang lain saat itu juga. Email yang praktis ini bahkan juga bisa digunakan untuk posting di blog kita. Murah meriah, karena waktu online kita bisa ditekan. Apalagi jika kita menggunakan email client semacam Outlook atau yang lainnya untuk soal mengirim dan menerima email. Menulis isi email bisa dilakukan secara offline, dan baru online ketika email kita sudah siap kirim.
 
Menjamurnya milis tidak lepas dari kemunculan email alias surat elektronik. Sebelum kehadiran milis, email menjadi sebuah gaya surat-menyurat alternatif yang juga menjadi revolusi, mendahului milis. Seiring dengan semakin populernya email sebagai alat komunikasi tertulis - yang berarti semakin banyaknya pengguna email - maka muncullah apa yang disebut mailing list atau milis. Biasanya satu milis beranggotakan para pemilik email yang memiliki kesamaan minat terhadap satu topik tertentu. Katakanlah para peminat jambu, akan berkumpul di milis jambu. Peminat sulap di milis sulap. Dan sebagainya.
 
Tidak semua milis bisa bertahan lama. Ada yang terpaksa gulung tikar karena kurang peminat dan tidak ada aktivitas di dalamnya. Tapi tidak kurang yang bertahan lama dan jumlah anggotanya terus bertambah. Tapi yang jelas, milis-milis baru terus bertambah setiap hari. Soal mampu bertahan lama atau tidak, seleksi alam yang akan menyelesaikannya. Untungnya, bikin milis itu sangat mudah dan gratis. Banyak penyedia layanan milis yang menyediakan tempat untuk milis secara gratis, termasuk Google. Namun, penyedia layanan milis gratis paling populer saat ini, apalagi kalau bukan Yahoo. Hampir semua milis terkenal, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain, bercokol di situ.
 
Yang agak mengejutkan, konon owner milis Yahoo terbanyak berada di Indonesia (saya lupa dari mana mendapatkan informasi ini). Artinya, meski belum merata, bisa ditarik kesimpulan kasar bahwa orang Indonesia sudah memanfaatkan media semacam ini dengan baik. Mudah-mudahan saja pertukaran dan transfer informasi (yang baik-baik) melalui milis, juga bisa ditransfer ke orang-orang di sekitar kita yang belum beruntung mendapatkan akses internet, gara-gara biayanya yang mencekik leher. Meski pemerintah terkesan tidak peduli akan hal ini, bukan berarti kita harus ikut-ikutan tidak peduli dan membiarkan saudara-saudara kita terasing dan tidak ikut menikmati apa yang sudah bisa kita nikmati. Berbagi informasi dengan mereka adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap mereka.
 


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

4 Comments:

At 2/18/2007 10:03:00 am, Blogger Luthfi said...

owner yahoogroups banyak yg dari Indonesia?
jangan2 abis bikin terus ditinggal, gak dipake milisnya?

 
At 2/18/2007 02:00:00 pm, Anonymous tata said...

Kayaknya sih gitu, soalnya sering nemu kok milis yang 'no activities within 7 days' dan sebangsanya..

 
At 2/18/2007 11:39:00 pm, Blogger Yon's Revolta said...

moderator ILKOM-UNSOED
moderator milis-kammi
moderator Studi_media
airputih
alumni-unsoed
Apresiasi-Sastra
Forum_LingkarPena
InspirasiIndonesia
jurnalisme
komunitas_wedangjae
muslimblog
penulislepas
psikologi
sekolah-kehidupan
tarbawi_community
=========
sekedar referensi, silakan ikuti milis diatas he he, khususnya yang studi media, soalnya rada sekarat tuh milis

 
At 2/19/2007 06:11:00 am, Anonymous tata said...

He..he..meski bukan member aktif, saat ini saya ikutan di +-30 milis, jadi klo ditambah lagi..wah..:-)

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home