BUKA MULUT: Batita* Itu Bernama Blogfam

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

December 06, 2006

Batita* Itu Bernama Blogfam

Entah kenapa, ketika pertamakali mendengar kata blogfam, otak saya secara otomatis mengasosiasikannya dengan bohlam alias lampu pijar. Jadi, yang terbayang di otak saya, ya bentuk lampu pijar tadi, bulat, bening, dan di dalamnya ada semacam kawat yang akan pijar jika dinyalakan. Aneh dan nggak nyambung. Tapi mungkin juga karena bunyinya agak mirip kali ya?

Menemukan kata yang cukup unik di telinga saya itu, akhirnya tertarik juga untuk tahu lebih banyak. Ternyata ya itu, sebuah komunitas para blogger yang diklaim sebagai beranggotakan blogger dari lima benua, meski kalau saya tidak salah, sebagian besar anggotanya sih berasal dari Indonesia. Mmm..ya..ya, ternyata Blogger Family toh, nama resminya. Dengan jumlah anggota lebih dari 2000 orang, rasanya komunitas ini patut diperhitungkan juga.

Bagian menarik dari komunitas ini adalah forumnya yang komplit. Orang bisa ngobrol berbagai topik melalui 6 forum utama: Serambi, Ruang Keluarga, Dapur, Diskusi, Bengkel Keluarga, dan Gudang Keluarga. Itu pun masih dibagi-bagi ke dalam 30 sub-forum yang lebih kecil. Semuanya bisa diikuti oleh member. Hanya saja Forum Kamar Tidur tidak bisa diakses oleh sembarang orang, dan sayangnya tidak ada keterangan apa pun yang bisa dijadikan petunjuk sehingga kita bisa mengakses forum tersebut. Yang ada cuma kata-kata: 'Sorry, but only users granted special access can read topics in this forum'. Nggak jelas kan? Padahal kalau memang itu eksklusif, mendingan nggak usah dipajang deh. Cukup mereka yang 'granted special access' saja yang tahu.

Yang lebih menarik buat saya, meski ini bukan komunitas penulis dalam artian seperti yang biasa kita bayangkan, ternyata beberapa member Blogfam sudah berhasil menerbitkan buku sendiri, selain buku-buku yang ditulis oleh member secara keroyokan. Komunitas ini bahkan juga menerbitkan majalah online bulanan yang diberi nama cukup ringkas: bz. Di tengah tudingan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, ini tentu sebuah langkah yang boleh diacungi jempol.

Meski belum lama bergabung dan hanya menjadi member yang tidak aktif, saya merasa bahwa komunitas ini cukup memberi saya banyak ruang untuk mengintip isi kepala banyak orang. Dari situ saya bisa banyak belajar, sekaligus membuat perbandingan dan memetik manfaat. Selain itu, sebagai komunitas maya yang secara natural sangat cair, Blogfam cukup menjanjikan. Bisa bertahan selama tiga tahun dan memiliki ribuan anggota merupakan sebuah prestasi, di tengah maraknya berbagai komunitas di internet yang seringkali tidak mampu bertahan lama.

Dan tepat hari ini, 6 Desember 2006, Blogfam genap berusia tiga tahun. Masih bayi, tapi mudah-mudahan bayi yang sehat dan cerdas. Jadi, tepat juga kalau saya mengucapkan, "Selamat Ulang Tahun Bohlam...eh, Blogfam" sambil diam-diam berharap bahwa akan semakin banyak manfaat yang saya peroleh dari sini. Mudah-mudahan.

*) bayi tiga tahun

Tags: , ,


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

11 Comments:

At 12/06/2006 11:45:00 pm, Anonymous Anonymous said...

makasih ya tata. kado entrynya sangat menggugah. iya blogfam komunitas blogger Indonesia yang tinggal di 5 benua. karena namanya blogger Indonesia ya sudah semestinya sebagian besarnya tinggal di Indonesia. Tetapi ada yang tinggal di benua amerika kayak saya, ada yg tinggal di benua australia kayak ika, ada yang tinggal di benua Afrika kayak brave, ada yang tinggal di eropa kayak Sa dan tentunya di asia yang banyak itu.
Seperti disini bukannya satu doang ya. tetapi lebih dari satu.

Terimakasih juga masukannya buat ruang kamar tidur. mungkin menjadi amsukan bagi manajemen blogfam untuk menulis Deskripsi ruang kamar tidur dengan tulisan yang lebih jelas.

sehingga tulisan di bawah tulisan KAMAR TIDUR
yg berbunyi:

"Ruang untuk membicarakan seks dan kesehatan reproduksi. Dibicarakan dengan cara yang elegan, edukatif, sopan dan tidak vulgar. Ruang ini terbatas untuk anggota yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan dewasa dalam berpikir. Kalau anda bisa bersikap dewasa dan tidak vulgar, silahkan meminta akses ke moderator. Moderator berhak menseleksi anggota, mengedit, menghapus, mencabut akses ruang di kamar tidur bahkan melaporkan kepada admin apabila anggota melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ada.
Moderators jaf, amriltgobel"

bisa terbaca dengan jelas oleh para blogger yang kurang teliti membacana aturan2 di kamar tidur.

-maknyak-

 
At 12/07/2006 05:05:00 am, Anonymous tata said...

Terimakasih Bu Labibah, senang blog saya disambangi founder Blogfam sekaligus seorang penulis buku. Saya baca kok Bu, di halaman staff banyak nama-nama yang tinggalnya di luar negeri :-) Mungkin juga masih banyak lagi yang tidak tercantum di situ. Tapi saya tetap berpendapat - mudah-mudahan tidak salah - bahwa sebagian besar member ada di tanah air. Sekedar mencoba objektif, mudah-mudahan tidak disalahpahami.

Ya..ya..saya pasti termasuk yang kurang teliti itu ya Bu? Tulisan di Kamar Tidur itu ternyata ada :-) Tapi bayangkan saja Ibu sebagai orang baru, mengklik forum-demi forum dari atas, teruuus ke bawah, selalu langsung dibawa ke halaman yang dituju, tanpa perlu membaca 'pengumuman' di bawah nama forum. Begitu klik Kamar Tidur, eh beda sendiri. Yang muncul malah 'Sorry, but only users granted special access can read topics in this forum'. Saya sendiri sebetulnya nggak begitu antusias masuk 'Kamar Tidur', belum 17 sih :-) Mending pilih forum lain, itu juga seringnya cuma ngintip.

Barangkali tulisan saya terkesan tidak ramah? Saya hanya mencoba melihat blogfam dari posisi netral, tidak sebagai pemuja, tidak juga sebagai pembenci. Yang jelas sebagai peserta lomba :-)

Salam lima benua dari sebuah kampung terpencil di tanah air..

tata

 
At 12/07/2006 11:50:00 am, Blogger Bunda Raihan said...

mas tata, klo mo masuk KT, minta kuncinya aja, kirim pm ke moderatornya

 
At 12/07/2006 02:59:00 pm, Anonymous tata said...

Aduh, saya jadi terkesan kebelet ya... :-) Nggak ah, kan belum 17...

 
At 12/07/2006 04:22:00 pm, Anonymous Anonymous said...

hehehe gak papa kok tata, itu semua menjadi masukan bagi manajemen blogfam. kan memang lombanya lomba ngreview blogfam. jadi kita2 di blogfam punya masukan dari sudut pandang yang berbeda seperti Tata. bahwa ada pemahaman bahasa yang berbeda antara blogger yang tinggal di lima benua versi manajemen dengan versi pemahaman tata.

menurut manajemen blogger dari lima benua sdah benar karena kalimat itu mewakili kondisi yang ada.

klo menurut tata gak bisa di klaim 5 benua karena karena sebagian besar anggotanya tinggal di Indonesia.

sama-sama benarnya sih. cuman nanti klo gak ditulis ya, yg tinggal di luar indonesia merasa tak terwakili.

kami jadi belajar banyak dari postingan tata memamahami sudut pandang seorang pemula dan juga pemahaman bahasa juga termasuk pemula yang masuk rimba "forum" .

nanti saja klo udah 17 tahun masuknya ya. hehehe banyak pelawaknya di ruang KT hihihi

-maknyak-

 
At 12/07/2006 04:51:00 pm, Anonymous tata said...

He..he..Ibu, saya tidak mengatakan : gak bisa di klaim 5 benua karena karena sebagian besar anggotanya tinggal di Indonesia.' kok. Saya cuma menambahkan bahwa sebagian besar member ada di Indonesia. Silakan diliat lagi :-)

Ah, tapi bahasa saya memang bahasa pemula, sehingga yang baca jadi pusing :-)

Salam pemula

tata

 
At 12/07/2006 06:12:00 pm, Anonymous Anonymous said...

hahaha,
tuh kan salah lagi deh pemahaman saya.
maafkan saya kurang teliti memahami bahasamu.

"Ternyata ya itu, sebuah komunitas para blogger yang diklaim sebagai beranggotakan blogger dari lima benua, meski kalau saya tidak salah, sebagian besar anggotanya sih berasal dari Indonesia."

meskipun kembali ada perbedaan pemahaman antara dua generasi -saya- dan anda yang belum berusia 17 tahun- dalam tulisan anda, tetapi teteplah saya ucapkan terimakasih ya.

Ini menjadi pembelajaran bahwa suatu bahasa bisa dimaknai berbeda. dan ini menjadi masukan bagi kami.

semoga setelah ini tak ada lagi kalimat saya di kolom komen ini yang memunculkan pemahaman yang berbeda. dan tidak ada lagi kalimat anda yang saya pahami lain maknanya.

*peace ya dek*

-maknyak-

 
At 12/08/2006 01:03:00 am, Anonymous tata said...

Ha..ha..peace juga Bu. Makasih ya, sempet-sempetnya nanggepin orang usil. Salam buat keluarga di benuanya Winnetou.

tata
kadang-kadang baca karl may

 
At 12/08/2006 12:55:00 pm, Anonymous Anonymous said...

blogfam memang kaya bohlam kali ya pak, lambang "ide" buat penyegaran otak hehehehe

nice post anyway.

salam kenal,
cyn

 
At 12/08/2006 04:03:00 pm, Anonymous tata said...

Persis, kayaknya sih gitu.. Salam kenal juga Cyntha

tata

 
At 12/09/2006 12:29:00 am, Anonymous sa said...

terima kasih postingnya.
selamat ulang tahun juga. :)

*juri lagi ngider*

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home