BUKA MULUT: Lagi, Tentang Motivasi Ngeblog..

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

March 04, 2007

Lagi, Tentang Motivasi Ngeblog..

Membaca tulisannya Mas Toto, saya tiba-tiba seperti diingatkan akan sesuatu. Tulisan tersebut menyoal begitu banyaknya blog dadakan belakangan ini, yang muncul hanya demi berburu 'uang'. Gejala ini tidak lepas dari merebaknya 'demam Adsense', menyusul semakin populernya program milik Google tersebut di kalangan blogger, khususnya blogger Indonesia.
 
Ada kekhawatiran sebagian kalangan bahwa tujuan menulis blog telah bergeser dari yang tadinya sarana aktualisasi pemikiran, menjadi sekedar mengejar kuantitas demi mendapat 'sesuap dollar'. Caranya adalah dengan berupaya menggenjot traffic ke blog melalui tulisan-tulisan yang - mungkin menurut anggapan sebagian orang - melulu mengabdi pada kepentingan agar iklannya di klik oleh sebanyak mungkin pengunjung.
 
Kecenderungan seperti itu memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Apalagi ditunjang dengan kemudahan membuat blog baru yang cuma memerlukan beberapa langkah bisa langsung jadi. Meski demikian, secara pribadi saya masih menganggap bahwa gejala ini belum sampai pada taraf mengkhawatirkan. Masih banyak blog yang memiliki warna yang jelas dan memiliki tulisan-tulisan yang berkarakter serta tidak asal comot.
 
Lalu, bagaimana soal 'demam Adsense' tadi misalnya? Jujur, saya sempat terpesona dan bahkan sempat mencoba untuk 'mengorbankan' blog yang sudah berjalan. Hasilnya, selain karena berbagai persyaratan yang harus dipenuhi (soal bahasa misalnya), saya merasa bahwa saya lebih baik tahu diri dan tidak menjadikan 'pendapatan dari iklan' sebagai obsesi utama. Jadi, ya jalanin aja seperti biasa, nulis seperti biasa. Soal dapet duit dari situ, ya alhamdulillah. Nggak juga nggak apa-apa.
 
Kalau pun saya mencoba agak serius dengan program affiliate atau PPC semacam Adsense misalnya, maka itu saya lakukan dengan membuat account blog baru yang memang saya khususkan untuk tujuan itu.  Tulisan berbahasa Inggris yang menjadi syarat ikutan Adsense juga saya penuhi, baik dengan menulis sendiri maupun mengutip tulisan orang lain secara legal. Sekarang kan banyak situs yang menyediakan free articles untuk di-republished di blog kita. Mumpung belum ada larangan membuat blog untuk tujuan selain menulis thok :-)
 
Namanya juga usaha..
 


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

2 Comments:

At 3/09/2007 10:32:00 am, Anonymous Anonymous said...

bisa yah langsung comot ngambil dari free articles itu??

pernah sih nyoba daftar di adsense, sopo tau jebol, cuma iseng aja..
e ternyata emang mesti pake bahasa linggis..
yo uwis..

 
At 3/09/2007 03:02:00 pm, Anonymous Anonymous said...

Bisa, kan sumber berikut penulisnya emang harus dicantumin. jadi nggak melanggar hak cipta..

 

Post a Comment

<< Home