BUKA MULUT: Software Berbahasa Sunda Pertama!

Close

 

Jangan Lupa

DAFTAR AGLOCO DI SINI!

Download Gratis!

FREE AGLOCO EBOOK di SINI!

June 06, 2007

Software Berbahasa Sunda Pertama!

Pernah menemukan software berbahasa Sunda? Kalau saya sih sampai saat ini belum pernah. Dan justru karena itulah, saya membuat software berbahasa Sunda. Namanya Milangkala. Milangkala artinya kurang lebih 'ulang tahun'. 
 
Jujur, sebagai orang Sunda,  saya berharap bahwa Milangkala benar-benar menjadi software  pertama yang menggunakan bahasa Sunda, di Indonesia, bahkan di dunia. Memang bukan software 'canggih' karya seorang programmer, tapi mudah-mudahan bisa jadi inspirasi bagi para programmer sungguhan untuk membuat software berbahasa Sunda. 

Chauvinisme? Bukaaan..  Saya cuma heran bahwa komunitas orang Sunda yang jumlahnya puluhan juta (saya tidak tahu persisnya, silakan tanya BPS), tapi gaungnya nyaris tidak terdengar. Saya menduga ini terjadi karena adanya krisis identitas manusia Sunda. Artinya kebanggaan manusia Sunda akan jati dirinya mulai tidak jelas. Ini ditandai misalnya, dengan hilang atau lunturnya kebanggaan bertutur menggunakan bahasa ibu mereka, bahasa Sunda. Apalagi kalau berbicara soal bacaan. Apalagi kalau bicara soal teknologi. Silakan tanya kepada generasi muda Sunda, apa buku berbahasa Sunda terakhir yang mereka baca? Atau, pernah nggak membaca bacaan berbahasa Sunda?

Nah dengan adanya software berbahasa Sunda ini,  siapa tahu bisa membantu mendongkrak gengsi bahasa Sunda yang selama ini dianggap sebagai bahasa kelas dua, termasuk oleh orang Sunda sendiri. Mungkin harapan ini terdengar berlebihan, tapi pilihan buat saya adalah : berlebihan atau tidak berbuat sama sekali.

Nah jika Anda penasaran ingin tahu seperti apa software Milangkala ini, silakan
download gratis di sini.
 


Saatnya mendapatkan hak kita. Surfing dibayar. Referring temen juga dibayar. Daftar GRATIS! Di Agloco, nggak ada biaya tersembunyi. 100% GRATIS!!

2 Comments:

At 6/10/2007 09:34:00 am, Anonymous Anonymous said...

lalu isinya apa ya? koq gak ada reviewnya.
Karena gak bisa bahasa sunda, walaupun aku download kayaknya juga percuma. Jadi tanya aja langsung :)

 
At 6/10/2007 06:09:00 pm, Anonymous Anonymous said...

He..he..maaf..Mas Agam orang Aceh ya? Ini semacam birthday alarm, menampilkan rincian waktu hingga ke hitungan milidetik. Tinggal masukin data tanggal lahir. Bukan software canggih kok. Kelebihannya adalah viral power-nya, bisa jadi alat promosi. Mudah-mudahan nanti saya bikin yang versi bahasa Indonesianya.

 

Post a Comment

<< Home